Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » TIPS SEBELUM-SAAT MEMBINA DAN MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA

TIPS SEBELUM-SAAT MEMBINA DAN MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA

Diposting pada 20 Oktober 2012 oleh Market Be

Kelahiran, Pernikahan, Perceraian, Kematian adalah Takdir yang tidak bisa dirubah oleh manusia. Dalam suatu pernikahan, belum tentu orang yang sudah menikah tersebut berjodoh. Apabila Takdir berkata lain, maka bisa terjadi perceraian. Akan tetapi perceraian itu adalah sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sebelum kita memutuskan untuk membina rumah tangga dengan pasangan kita, kita harus banyak mencari wawasan :

1. BAGAIMANA MEMILIH PASANGAN UNTUK DIJADIKAN SEBAGAI SUAMI / ISTRI sehingga dia akan menjadi JODOH kita nantinya di DUNIA DAN AKHIRAT??

2. BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA MENJADI KELUARGA YANG HARMONIS, SAKINAH, MAWADDAH, WA ROHMAH??

3.  BAGAIMANA MENJADI SEORANG ISTRI / IBU / SUAMI / AYAH YANG BAIK??

4. BAGAIMANA CARANYA SEORANG SUAMI/ISTRI BISA MENYELESAIKAN MASALAH YANG TERJADI DALAM RUMAH TANGGA / DENGAN HUBUNGAN SUAMI ISTRI??

5. APA SAJA KEWAJIBAN DAN HAK SUAMI/AYAH DAN ISTRI/IBU??

 

Kelima hal tersebut yang harus kita pahami apabila kita memutuskan untuk membina rumah tangga. Walaupun kita sudah membaca kelima hal tersebut di atas dan merasa siap untuk ke jenjang pernikahan, belum tentu kelima hal tersebut mudah dipraktekkan dalam sehari-hari berrumah tangga. Oleh karena itu,  sebelum membina rumah tangga, si wanita dan si lelaki pun harus mempersiapkan mental, lahir, dan batin mereka.

 

Sebagai wanita misalnya, menjadi wanita yang sebelumnya menjadi seorang anak dan akan lepas dari Ibunya karena akan menikah harus berpikir secara luas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah, seperti misalnya :

1.Anda harus memilih,  Belajar menuntut ilmu hingga meraih gelar S1 atau S2 atau S3 dulu / Bekerja mencari uang dulu untuk membantu beban hidup orang tua yang umurnya dan fisiknya sudah berkurang / Menikah agar tidak terjadi fitnah dan menjalankan ibadah (menikah adalah Ibadah)??

2. Anda jg perlu menggali banyak informasi terlebih dahulu mengenai masa lalu+latar belakang+keluarga pasangan Anda. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu perjalanan rumah tangga yang akan dibina, karena kejujuran dalam keluarga itu sangat penting perannya dalam berkeluarga. Misal nih ya yang perlu digali : Apakah pasangan Anda sebelumnya pernah menikah siri? ?, Apakah pasangan Anda sebelumnya pernah menghamili orang di luar nikah?? Apakah pasangan Anda berstatus Jejaka / Duda?? , Apakah pasangan Anda kini sudah dan masih punya istri yang statusnya sudah sah?? , Apakah pasangan Anda normal (suka sama wanita) / …..?? , dll. Jadi, ini hanya saran kita saja, menggali informasi mengenai pasangan yang nantinya akan menjadi SUAMI / AYAH dari anak-anak sangat diperlukan, dengan maksud agar ke depannya tidak menggangu perjalanan rumah tangga, yang dikhawatirkan bisa sebagai salah satu faktor penyebab perceraian. Karena apabila terjadi perceraian, maka siapa yang sedih / menyesal bila sudah terjadi?? Tentunya yang menjalani rumah tangga itu bukan??

Tak hanya wanita saja yang perlu berpikir secara luas dan matang sebelum memutuskan untuk berrumah tangga, si laki-lakinya pun juga perlu berpikir secara luas dan matang, misalnya :

1. Misal si laki-laki adalah anak yang sangat berperan bagi Ibunya, apakah Anda siap untuk menikah dan berperan triple sebagai suami, ayah, dan anak dari Ibu Anda?? Karena bila Anda sudah berkeluarga sendiri, maka intensitas aktivitas Anda lebih utama menjadi Ayah dan Suami, sehingga intensitas aktivitas Anda menjadi anak dari Ibu Anda akan berkurang. Dan Anda harus yakin bahwa Ibu pun akan mengerti dan memahami kondisi anaknya yang sudah berkeluarga. Ibu Anda tetaplah Ibu Anda, karena Ibu sangat berjasa dalam hidup kita. Seiring perjalanan berrumah tangga, pasti Anda akan menemukan solusi yang terbaik untuk Istri Anda, Anak Anda, dan Ibu Anda secara adil. Oleh karena itu, saran kita, Anda bisa belajar mengenali rumah tangga orang lain/saudara/teman/siapa saja BAGAIMANA BERSIKAP ADIL TERHADAP ISTRI, ANAK, DAN IBU ANDA.

2. Sebagai laki-laki, yang harus dipersiapkan dalam berrumah tangga selain mental dan fisik, tentunya juga financial / keuangan. Dalam hal ini adalah pekerjaan. Anda harus bekerja mencari nafkah karena Anda mempunyai kewajiban untuk memberikan nafkah kepada Istri dan Anak. Bagi Anda yang belum menikah dan akan menikah, saran kita, sebaiknya Anda mencari pengalaman kerja dan menambah banyak relasi terlebih dahulu agar Apabila Anda nantinya menikah, Anda tidak kebingungan mencari pekerjaan atau berwira usaha. Bagi Anda yang belum menikah dan akan menikan dalam waktu dekat dan Anda MASIH JUGA BELUM PUNYA PEKERJAAN, jangan khawatir, YAKINLAH BAHWA PERNIKAHAN ADALAH PEMBUKA PINTU REJEKI, dan YAKINLAH ALLAH AKAN MEMBANTU ANDA, tentunya dengan berdoa dan berusaha / berikhtiar. Karena nasib seseorang akan berubah apabila dia mau berusaha.

 

OK, SEKARANG MENGENAI BAGAIMANA MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA AGAR TIDAK TERJADI PERCERAIAN :

1. Setiap ada permasalahan, diskusikan dengan baik tanpa ada kekerasan. Apabila terjadi beda pendapat/perselisihan, tetaplah Anda tidur serumah dengan keluarga Anda. Dan sebagai ayah atau ibu, jangan selesaikan masalah dengan kekerasan / minggat dari rumah, karena setiap tingkah laku /sikap Anda akan ditiru oleh Anak, tentunya Anda tidak mau ini terjadi bukan??

2. Segala permasalahan yang ada, tenangkan hati dengan sholat / tahajud / berdzikir / berdoa semoga diberikan jalan oleh Allah SWT dan jalan itu adalah yang terbaik untuk Suami/Ayah dan Istri/Ibu dan Anak-Anak

3. Sebagai seorang suami, JANGAN MUDAH / SERING BERKATA TALAK atau MENGANCAM TALAK kepada Istri, karena apabila sudah terlanjur TALAK TIGA, maka itu berarti Anda sudah menceraikan Istri Anda dan Anda tidak bisa kembali dengannya dan bila Anda ingin kembali dengannya, maka Anda harus menunggu dia menikah dengan laki-laki lain. Dan apabila sudah terjadi perceraian, kewajiban Anda sebagai Ayah dari Anak-Anak tetap ada, yaitu memberikan nafkah kepada Anak-Anak. Oleh karena itu, Sebagai Suami/Ayah, JANGAN MUDAH MENGATAKAN TALAK atau MENGANCAM TALAK kepada Istri. Dan TALAK ITU BUKAN PERMAINAN.

Allah SWT hanya mewajibkan nafkah anak kepada ayah dengan maksud agar tumbuh rasa tanggung jawab dan kasih sayang dari ayah. Sementara ibu  tidak dikenai kewajiban tersebut, karena pada umumnya sifat-sifat tersebut sudah tumbuh dengan sendirinya pada saat perjuangan mereka yang luar bisa selama proses kehamilan, melahirkan dan
Kewajiban nafkah bagi suami ini kemudian dilegalkan di dalam hukum positif kita. yakni melalui undang-undang perkawinan No 1 tahun 1974 yang kemudian dikuatkan dengan kompilasi hukum Islam. Terlebih-lebih dengan keluarnya undang-undang N0 23 tahun 2002   tentang perlindungan anak.
Di dalamnya UU No 1 1974 diatur tentang kawajiban bagi ayah  untuk memberikan nafkah kepada anaknya, bahkan setelah terjadi perceraian. Begitu pula di dalam UU NO 23 2002 ada satu pasal tentang penelantaran anak, termasuk di dalamnya penelantaran dalam masalah ekonomi.

Jadi, dengan dikeluarkannya serangkaian peraturan tersebut, semakin kuat tentang adanya kewajiban orang tua, khususnya seorang ayah untuk memberikan nafkah kepada anaknya. Secara teologis berlandaskan Alquran yang dikuatkan dengan undang-undang sebagai landasan kehidupan bernegara. Oleh karena itu, ketika seorang ayah  tidak memberikan nafkah kepada anak-anaknya dapat dituntut di pengadilan kemudian pengadilan memaksa untuk memberikan nafkah tersebut.

 

 

Ok, sampai disini dulu ya share nya.. Yang mau lihat-lihat produk kita, bisa cek FB Beli Apapun Ada / www.market-be.com / FP Beli Apapun Ada dan konsultasi perawatan wajah+perawatan badan+perawatan rambut bisa di 089676069356 / PIN BB 321A73C3. Terima Kasih…

 

Life must go on… Semangat semuanya ya…

Bagikan informasi tentang TIPS SEBELUM-SAAT MEMBINA DAN MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA kepada teman atau kerabat Anda.

TIPS SEBELUM-SAAT MEMBINA DAN MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA | Arliva | Cream Pemutih | Kosmetik | FB : Listra Megan | FP : Arliva Beli Apapun Ada| Market-Be.com

Komentar dinonaktifkan: TIPS SEBELUM-SAAT MEMBINA DAN MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan